Selasa, 28 Desember 2010

Rakit DVD


Posted by mahardhikacellular in Tutorial.
Tags:
pasang hardisk, DVD Player, DviX, XviD, Modifikasi DVD Player
14 comments

Dvd player saat ini mempunyai fitur yang sangat menarik terutama DVD player Yang ada plug in port USB.Karena dengan adanya fitur ini kita bisa pasang hardisk kedalam DVD Player tersebut sehingga saat memainkan lagu atau movie,jpeg kita tidak lagi membutuhkan kinerja optic dan tidak perlu lagi bergonta ganti Disc.
Dalam postingan saya kali ini akan memaparkan cara pemasangan Hardisk kedalam DVD Player ( Merk dvd player tidak saya sebutkan nanti dikira promosiin product ) namun akan saya jelaskan ciri-cirinya.
Untuk Dvd player saya memilih yang support:
  1. Play file Video format: Mpeg4,Mpeg2 (vcd file format .DAT),DviX,XviD ( DVD compress),AVI,Mpg.
  2. Play Audio saya pilih yang support file format: CDDA (Cd Audio),Mp3,Wma.
  3. PlayFormat picture tentunya format JPEG.
  4. Bisa Copy/Ripping dari Disc Cd audio/Disc Mp3 / Jpeg ke USB ( agar nantinya bisa copy dari disk ke hardisk dari DVD playernya )
Mahalkah Untuk mendapatkan DVD Player yang support seperti itu??? Jawabnya tidak,sudah banyak DVD Player merk china beredar di pasaran yg support seperti diatas harga sekitar Rp.230.000an Sudah dapat.Asalkan kita jeli memilihnya.
Apa yang dimaksud dengan support File Video DviX atau XviD ? Jawabnya ini merupakan format file Video generasi terbaru dimana kita bisa convert dari Disk DVD yang berukuran 4 GB hanya menjadi kurang lebih 450Mb dengan tidak mengurangi kwalitas gambar aslinya.Untuk mendapatkan itu kita harus Convert dahulu Movie dari Disk DVD menjadi file berformat DviX atau XviD.Namun sayang proses Convert DVD menjadi file berformat DviX atau XviD memakan waktu terlalu lama.Saya coba convert 1 disk DVD movie full beserta subtitle (teks) sekitar 2 jam.
Peralatan yang diperlukan pasang hardisk ke DVD Player antara lain:
1.Obeng plus
2.Timah + solder
3.Kabel converter Usb to IDE
4.Hardisk ( percobaan saya memakai hardisk sebesar 10Gb)
5.Bor
6.Kabel Usb 4pin 1pcs
7.Usb female conector 1pcs
8.Usb male conector 1pcs
9.Plat siku alumunium 2pcs
10.Double tape secukupnya
11.conector cable 4pin 2pcs
12.Pcb lubang
13.Tang lancip
Adapun cara perakitannya adalah sebagai berikut:
1.Buka Top cover DVD player,nampak seperti Gbr dibawah ini

2 komentar: